August 10, 2024

STIT Muhammadiyah Banjar Sukses Gelar Sidang Skripsi Mahasiswa Akhir

Banjar, 10 Agustus 2024 – Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Muhammadiyah Banjar sukses menyelenggarakan ujian sidang skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir, yang berlangsung pada 10 Agustus 2024. Ujian ini merupakan tahapan penting bagi para mahasiswa dalam menyelesaikan studi dan meraih gelar Sarjana Pendidikan Islam.
Pelaksanaan ujian sidang skripsi ini diikuti oleh beberapa mahasiswa dari berbagai program studi yang ada di STIT Muhammadiyah Banjar. Sidang skripsi ini diadakan di ruang sidang utama kampus dengan melibatkan para dosen pembimbing dan penguji yang berkompeten di bidangnya. Setiap mahasiswa diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil penelitian mereka yang telah mereka susun selama beberapa bulan terakhir.
Dalam sambutannya, Ketua STIT Muhammadiyah Banjar, Maman Sulaeman S.E.,M.M, menyampaikan rasa bangganya terhadap mahasiswa yang telah berhasil mencapai tahap akhir ini. "Ujian sidang skripsi adalah momen yang sangat penting dalam perjalanan akademik mahasiswa. Ini bukan hanya sekedar evaluasi akademis, tetapi juga ujian integritas dan kemampuan berpikir kritis yang akan menjadi bekal dalam kehidupan profesional mereka," ujarnya.
Ujian sidang skripsi berlangsung dengan lancar dan penuh semangat. Setiap mahasiswa mempresentasikan skripsi mereka dengan percaya diri, menjawab berbagai pertanyaan dan saran dari para dosen penguji. Beberapa topik yang diangkat dalam penelitian mahasiswa meliputi pendidikan agama Islam, manajemen pendidikan, dan inovasi dalam pembelajaran berbasis teknologi.
Salah satu mahasiswa peserta sidang skripsi Tia Amimah, mengungkapkan rasa syukur dan bangganya setelah berhasil menyelesaikan sidang skripsi. "Alhamdulillah, saya sangat bersyukur bisa sampai di tahap ini. Ujian ini sangat menantang, tetapi juga memberikan pengalaman berharga Sempat menangis karena dikabarkan harus turun kembali kelapangan namun itu hanya revisian saja ujarnya”. Terima kasih kepada dosen pembimbing dan teman-teman yang telah memberikan dukungan," ujarnya. Begitu pula yang disampaikan oleh Mahasiswa Sidang Siti Diah atau yang akrab di panggil SIBAD sempet menangis dan terharu karena judul skripsi saya tentang kepribadian saya banget " HUBUNGAN MOTIVASI DARI ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPIT MIFTAHUL IHSAN AL-BANJARY" judul ini sangat kena sekali dengan kepribadian saya karena sejak kecil saya diasuh oleh kakek nenek dengan didikan militernya, juga sejak Mts saya sudah masuk pondok dengan perjuangan sendiri karena minimnya motivasi dari orangtua hingga sekarang skripsi saya selesai tanpa perannya juga, dan saya bangga dengan pencapaian saya saat ini. Jadi sempet di Tanya oleh Pak Geri tentang apa alasan anda mengambil judul tersebut tanpa terasa air mata ini berlinang dan sempat tidak bisa meneruskan jawaban waktu itu tapi Alhamdulillah semua sudah terlewati. Pokoknya Sidang Skripsi di STIT Muhammadiyah Banjar Sangat berkesan sekali”. Ujar SIBAD dengan gaya khas-nya.

Setelah ujian sidang selesai, para mahasiswa yang dinyatakan lulus ujian skripsi akan melanjutkan proses administrasi akhir dan persiapan untuk mengikuti wisuda yang rencananya akan digelar pada akhir bulan ini. Wisuda ini akan menjadi puncak dari perjuangan akademis para mahasiswa selama bertahun-tahun di STIT Muhammadiyah Banjar.
Dengan terselenggaranya ujian sidang skripsi ini, STIT Muhammadiyah Banjar kembali membuktikan komitmennya dalam mencetak lulusan yang tidak hanya unggul dalam bidang akademis, tetapi juga siap menghadapi tantangan di dunia kerja dan berkontribusi positif bagi masyarakat.

Editor : Nana Supriatna